Cerita Kampung di Tengah Kuburan Makam Kemlaten

Kampung di Tengah Kuburan
Kampung di Tengah Kuburan

Area kuburan atau pemakaman biasanya identik dengan suasana yang tenang, sakral, dan bahkan seram. Tapi bagaimana jadinya kalau ada sebuah kampung yang masih aktif dihuni warga dan letaknya di tengah-tengah area pemakaman. Berikut adalah cerita warga kampung di tengah kuburan yang ternyata tidak seseram yang dibayangkan banyak orang!

Di Indonesia sendiri sebenarnya ada beberapa kampung yang letaknya di tengah-tengah area kuburan. Salah satu yang terkenal dan banyak terekspos adalah Kampung di Makam Kemlaten, Cirebon, Jawa Barat.

Cerita Warga Kampung di Tengah Kuburan

Kampung di daerah Cirebon ini sudah sejak lama harus tinggal di area pemakaman yang memiliki image tidak menyenangkan ini. Bagi orang luar yang memperhatikan pun, semua warga penghuni di sana sudah terlihat sangat terbiasa dan bisa tetap dengan santai menjalani kehidupan sehari-hari mereka.

Untuk Anda yang penasaran, seperti apa sih cerita warga kampung di tengah kuburan yang terkenal ini, berikut adalah ulasan lengkapnya khusus untuk Anda.

Kampung di Tengah Kuburan di Cirebon

1. Area Makam Dijadikan Taman Bermain Anak

Sudah ada beberapa generasi turun temurun yang tinggal di kampung Kemlaten ini sejak sebelum tahun 1991, mulai dari lansia, pria dan wanita dewasa, remaja, sampai anak-anak kecil. Seperti sewajarnya anak-anak pada umumnya, anak-anak yang tinggal di kampung ini tetaplah senang bermain di lingkungan di sekitar rumah mereka.

Area Makam kemlaten Dijadikan Taman Bermain Anak
Area Makam Kemlaten Dijadikan Taman Bermain Anak

Walaupun lingkungan di sekitar rumah mereka dipenuhi dengan banyak kuburan, anak-anak ini tidak terlihat takut sama sekali untuk bermain di sana. Dengan tidak merusak makam, anak-anak biasanya tetap terlihat bermain dan berlarian dengan asyik di area kuburan.

Image area kuburan yang menyeramkan dan penuh hal mistis pun sama sekali tidak dipercaya oleh para penghuni di sini. Anak-anak tetap bermain dengan leluasa, dan para orang tua pun tidak khawatir melepaskan anak mereka berkeliaran di area pemakaman.

2. Kuburan Berjajar di Pekarangan Rumah

Kalau Anda ingin membayangkan dengan lebih jelas tentang cerita warga kampung kuburan di Cirebon ini, cobalah Anda bayangkan pemandangan deretan kuburan yang langsung menyambut Anda begitu membuka pintu rumah. Ya, namanya saja kampung di tengah-tengah kuburan.

Kuburan Berjajar di Pekarangan Rumah
Kuburan Berjajar di Pekarangan Rumah

Area kampung ini bukan hanya berada dekat dengan area pemakaman, tapi memang antara area pemakaman dan pemukiman warga sudah benar-benar membaur dan tidak ada batas pemisahnya. Anda akan bisa menemukan deretan kuburan yang tersebar di setiap jalan-jalan kampung dan di sekitaran rumah warga.

Anda mungkin membayangkan suasana malam hari di kampung ini pasti akan sangat menyeramkan, tapi bagi warga di sini hal ini sudah tidak menjadi masalah lagi karena mereka sudah terbiasa.

3. Aroma Bunga Segar yang Khas Sudah Menjadi Hal yang Wajar

Apakah Anda ingat bagaimana aroma yang pertama kali menyambut Anda begitu memasuki area pemakaman? Ya, area kuburan atau pemakaman biasanya sangat identik dengan aroma bunga-bunga segar, baik itu dari bunga yang ditaburkan para pelayat ataupun dari pohon bunga yang tumbuh di sekitar situ.

Di area kampung makam Kemlaten di Cirebon, Anda juga akan bisa mencium aroma bunga segar yang khas. Biasanya yang paling sering tercium adalah aroma bunga kamboja yang pohonnya banyak tumbuh di area makam dan aroma bunga melati dari bunga tabur yang ditaburkan pelayat.

Bagi sebagian orang aroma bunga segar ini mungkin terkesan mistis dan bisa cukup mengganggu, tapi warga kampung Kemlaten ini sudah menjadi hal yang wajar. Para warga yang tinggal di sini terlihat sama sekali tidak terganggu dengan bau aroma yang khas ini karena mereka sudah setiap hari menciumnya.

4. Warga Tidak Pernah Merasakan Hal Mistis

Area pemakaman atau kuburan memang memiliki kesan yang menyeramkan karena menjadi tempat peristirahatan terakhir dari orang-orang yang sudah meninggal dan erat kaitannya dengan hantu. Berjalan melewati area pemakaman saja sudah membuat banyak orang merinding, lalu bagaimana dengan kampung kuburan ini?

Uniknya, para warga yang tinggal di kampung ini mengatakan tidak pernah mengalami fenomena mistis apapun selama mereka tinggal di area kuburan itu. Entah itu karena mereka sudah terbiasa ataupun karena memang para warga sudah lama tinggal di sana dengan menghormati setiap kuburan yang tinggal berdampingan dengan mereka.

Play Video

Sumber : kanal youtube wekajournal

Lain dengan penduduk aslinya, para pendatang atau tamu yang datang ke kampung itu cenderung lebih takut dan was was dengan suasana tidak biasa di sekitar kampung ini. Bahkan ada juga beberapa orang yang menolak untuk minum air atau makan makanan dari kampung ini karena takut dengan komposisi atau konsekuensinya.

5. Tanah Tidak Boleh Diperjualbelikan

Jika tidak ingin menempati rumah di kampung Kemlaten yang terletak di Kelurahan Harjamukti ini, pilihan lain bagi warga hanyalah pindah dan mencari tempat tinggal di tempat lain. Mereka harus merelakan tanah mereka di area pemakaman Kemlaten ini karena semuanya adalah milik keraton.

Area pemukiman dan pemakaman di Kemlaten ini merupakan milih keraton yang tidak boleh diperjualbelikan. Jadi, warga hanya boleh menggunakannya sebagai tempat tinggal untuk ditempati.

Lokasi dari pemukiman ini sendiri sebenarnya cukup strategis karena terletak di jalan alternatif yang ramai dan banyak dilewati orang, terutama para pengendara sepeda motor. Jalan utama di kompleks pemakaman Kemlaten ini adalah jalan penghubung antara Jl. Angkasa Raya dan Jl. Kanggraksan. Dibandingkan menggunakan jalan lain yang lebih jauh dan lebih padat, banyak warga Cirebon yang lebih memilih melalui area kampung di tengah kuburan ini.

Area Pemakaman Eksklusif di San Diego Hills

Untuk Anda yang sedang mencari area pemakaman untuk orang tercinta, sekarang Anda tidak perlu lagi memusingkan area pemakaman yang menyatu dengan kampung warga atau berada di tengah kota dengan lalu lalang kendaraan yang padat.

San Diego Hills menyediakan area pemakaman eksklusif dengan lokasi yang jauh dari pemukiman warga dan lalu Lalang kendaraan sehingga suasananya lebih sakral dan bisa menjadi tempat peristirahatan terakhir yang layak dan penuh makna bagi orang tersayang.

Kami bisa memberikan potongan harga 10% atau pembayaran dengan sistem cicilan 12 bulan tanpa bunga. Sangat menguntungkan bukan? Berikut adalah beberapa tipe lahan pemakaman yang kami sediakan untuk Anda:

Anda akan mendapatkan satu petak lahan makam tanpa pagar pemisah dengan makam lainnya. Harga sudah termasuk biaya perawatan rumput dan tanaman di sekitar makam.

Anda akan mendapatkan satu kotak lahan makam dengan pembatas tembok atau tanaman. Tipe ini bisa menampung dua makam secara berdampingan.

Anda akan mendapatkan lahan makam untuk 2-10 orang lengkap dengan pembatas, tempat duduk, dan jalan di setiap kavlingnya.

Anda akan mendapatkan lahan makam, bangunan paviliun, dan tanaman pembatas di sekeliling makam.

Anda akan mendapatkan lahan makan besar berkapasitas 16 orang lengkap dengan tanaman pembatas dan ornamen patung.

Untuk tipe ini Anda akan mendapatkan lahan kosong yang bisa Anda custom untuk design area pemakamannya.

Dengan berbagai pilihan area pemakaman eksklusif seperti di atas, Anda tidak perlu lagi khawatir memikirkan akan memakamkan orang tercinta seperti di kampung di tengah kuburan makam kemlaten cirebon. Untuk informasi lebih mendetil Anda bisa melihat informasi lengkap tentang berbagai penawaran menarik dari San Diego Hills di situs https://jualsandiego.com/harga/.

Jika ingin mendapatkan penawaran harga mengenai pemakaman san diego hills silahkan hubungi kontak Iwan di 0812.1350.8200 

Referensi :

Referensi:

  • https://artikel.rumah123.com/intip-7-potret-kampung-di-tengah-kuburan-buka-pintu-adanya-cuma-makam-110639
  • https://www.99.co/blog/indonesia/kampung-unik-di-cirebon
  • https://www.dream.co.id/your-story/kampung-dipenuhi-makam-warga-sudah-biasa-cium-aroma-bunga-segar-di-kuburan-211005q.html
  • https://www.boombastis.com/kampung-di-area-makam/296574
  • https://borobudurnews.com/hiii-penduduk-1-kampung-di-cirebon-ini-tinggal-di-tengah-tengah-kuburan/
  • Kanal Youtube Wekajournal

Iwan Setiawan

Bekerja sebagai marketing di san diego hills sejak Januari 2010. Jika Anda membutuhkan informasi harga dan layanan kami, hubungi 0812.13508.200 (24 jam)