Sejarah Berdirinya San Diego Hills Memorial Park, Makam Para Sultan !

Fasilitas san diego hills landasan helikopter
Fasilitas san diego hills landasan helikopter

Sejarah awal mula berdirinya makam mewah San Dsiego Hills Memorial Park mulai dari makam keluarga hingga dijadikan sebagai makam komersial yang hits hingga sekarang.

San Diego Hills Memorial Park kini tengah menjadi sorotan karena memiliki fasilitas kelas premium dengan harga yang fantastis. Sederet artis hingga tokoh publik terkenal di Indonesia kerap kali memakamkan anggota keluarganya di makam ini. Terlebih, lokasi San Diego Hills Memorial Park juga sangat mudah untuk diakses karena berlokasi di Margakaya, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang.

Memiliki desain modern ala eropa dengan fasilitas yang sangat lengkap membuat kesan angker makam pada umumnya tidak dirasakan di makam ini. Meski memiliki harga yang fantastis, makam ini masih diminati oleh banyak orang karena fasilitas yang disediakan sangat sesuai dengan harga yang ditawarkan. 

San Diego Hills: Didirikan Sebagai Makam Keluarga

San Diego Hills Memorial Park didirikan oleh pemilik Lippo Group, Mochtar Riady. Sebelumnya, orang tua Mochtar Riady dimakamkan di wilayah Malang, Jawa Timur.  Karena letak makam yang jauh dari tempat tinggalnya yang berada di Jawa Barat, hal tersebut membuat dirinya kerap lelah karena harus bolak-balik Jawa Barat ke Jawa Timur untuk berziarah di makam kedua orangtuanya.

Karena hal tersebut, maka muncul inisiatif dari keluarga Mochtar Riady untuk memindahkan makam kedua orangtuanya ke tempat yang lebih dekat dengan tempat tinggalnya. Akhirnya, ia memutuskan memindahkan makam tersebut ke lahan pribadi miliknya yang berada di dekat Tol Karawang Barat KM 46.

Saat itu luas lahan tanah miliknya itu mencapai 350 Ha dengan kondisi yang cukup nyaman dan asri. Karena makam sebelumnya memiliki kesan angker seperti makam pada umumnya, ia berinisiatif membuat makam dengan konsep yang nyaman tanpa ada kesan angker dan menakutkan.

Konsep Desain San Diego Hills

Terinspirasi dari Forest Lawn Memorial Park di Amerika Serikat, akhirnya pada tahun 2000 San Diego Hills Memorial Park resmi dibangun. Tak heran, banyak orang yang mengaku sedang berada di luar negeri saat memasuki kawasan San Diego Hills Memorial Park.

Tujuan awal didirikannya makam San Diego Hills adalah mematahkan kesan angker dan menakutkan makam pada umumnya, sehingga peziarah lebih nyaman berlama-lama berziarah di makam orang tersayang.

Dijadikan Sebagai Makam Komersial pada Tahun 2007

Pendirian lokasi makam tidak lepas dari keluarga Mochtar Riady, yakni James Riady yang ingin mengadopsi konsep pemakaman yang ada di Amerika Serikat. Sebelum resmi dijadikan sebagai makam komersial, sempat dilakukan riset mendalam terkait target pasar dan minat pasar untuk mengetahui bagaimana tanggapan dan minat masyarakat.

Meski San Diego Hills Memorial Park berdiri pada tahun 2000 sebagai makam keluarga, akhirnya di tahun 2007 San Diego Hills resmi dijadikan makam komersial.

Karena sudah mengantongi izin dari pemerintah sebagai area pemakaman komersil, maka pembeli lahan makam di San Diego Hills berhak mendapat sertifikat makam bernama Surat Kolektif Makam (SKM).

Fasilitas di Pemakaman

Memiliki harga tergolong tinggi, tentu saja fasilitas yang disuguhkan di makam San Diego Hills juga tidak main-main. Jauh dari kesan menyeramkan, makam ini memiliki fasilitas yang komplit diantaranya restoran, chapel, mushola, kolam renang, danau, tempat bermain anak hingga landasan helikopter.

Jangan bayangkan fasilitas di San Diego Hills berkualitas standar, karena semua fasilitas yang ditawarkan memiliki standar kelas internasional. Fasilitas tersebut disediakan untuk mengurangi beban kesedihan yang dialami oleh keluarga yang ditinggalkan.

Harga Tipe Makam

San Diego Hills Memorial Park memiliki beberapa tipe yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Lokasi makam di San Diego Hills terbagi menjadi lokasi universal dan lokasi muslim dan lokasi bernuansa chinese.

Lokasi universal dapat digunakan untuk yang beragama buddha, hindu, kristen dan kepercayaan lainnya selain muslim. Sedangkan lokasi muslim disediakan tersendiri, karena harus menyesuaikan arah kiblat yang tentunya berbeda dengan makam yang ada di lokasi universal yang tidak membutuhkan hal tersebut.

Terdapat 4 tipe bentuk lahan di San Diego Hills, mari bahas semua harga tipe bentuk lahannya satu-persatu.

Tipe Single Non Paket Lokasi Eden Mansion
Contoh makam tipe single burial

Tipe ini merupakan tipe makam yang memiliki harga paling murah dibandingkan dengan tipe lainnya. Sesuai namanya, tipe ini hanya ditujukan untuk satu orang saja. Single Burial sangat sederhana karena hanya dilengkapi dengan batu nisan dan rumput makam.

Terdapat tiga jenis ukuran tipe Single Burial, yakni 1,1 x 2,6 m dan 1,5 x 2,6 m serta 1,5 x 3 m. harga tipe ini dibandrol mulai dari Rp. 75 Jutaan.

Tipe Semi Private Lokasi Prosperity And Joy
Contoh makam tipe semi private

Tipe makam ini biasanya ditujukan untuk sepasang suami istri, namun ada juga yang membeli makan jenis ini untuk 1 orang saja dengan lokasi lubang berada di tengah. Luas makam tipe semi private mulai dari 13,5 m2 hingga 18 m2.

Tipe semi private dilengkapi dengan desain tembok bagian atas dengan tinggi rata-rata 40 cm dan dibagian kiri serta kanan terdapat tembok yang rata dengan rumput makam. Pemasangan batu nisan tidak diperkenankan mirip atau berdiri, posisinya harus rata dengan rumput makam.

Tipe makam ini memiliki bentuk yang ekslusif, tidak becek dan memiliki akses jalan serta terdapat space di depan makam. Jadi, keluarga bisa menggelar tikar untuk duduk di depan makam.

Harga makam semi private mulai dari Rp. 400 juta hingga 500 jutaan disesuaikan dengan luas dan letak lokasinya.

Pemasangan batu nisan diletakkan miring dibagian kepala untuk tipe private
Contoh makam tipe private estate

Jika dilihat sekilas, makam tipe ini sepeti taman. Karena tipe makam Private Estate dikelilingi dengan tembok yang sebagian besar sudah dilengkapi dengan tempat duduk dan tanaman di sekeliling tembok.

Lokasi makam ini sangat estetik, karena terbentang pemandangan luas nan asri yang berada di ketinggian. Harga makam tipe Private Estate mulai dari Rp. 1 miliar hingga 3 miliar.

Terdapat jalan khusus untuk berjalan menuju makam, sehingga rumput dan tanaman tidak diinjak oleh pejalan yang hendak berziarah. Makam ini memiliki luas yang bervariasi dan bisa diisi oleh 2 hingga 4 orang.

Bangunan makam tipe peak estate full custom design
Contoh makam tipe peak estate

Desain tipe makam ini sebenarnya hampir sama dengan private estate yang dilengkapi dengan tembok pembatas di sekelilingnya. Namun, lahan tipe peak estate lebih luas dan boleh ditanami dengan pohon maupun dibangun gazebo. Luas makam juga bisa disesuaikan dengan keinginan.

Jadi, makam tipe peak estate bisa didesain sesuai dengan keinginan keluarga. Harga makam tipe ini dibandrol mulai dari Rp. 6 miliar. Wah, harga yang sangat fantastis ya. 

Itulah 4 tipe makam yang ada di San Diego Hills dengan beragam keunggulannya. Semakin mahal harga yang ditawarkan, maka semakin banyak fasilitas yang bisa didapatkan.

Berawal dari makam keluarga hingga menjadi makam komersial, eksistensi makam mewah ini tidak ada matinya dari dulu hingga sekarang. Bahkan, semakin banyak yang tertarik memakamkan anggota keluarganya di makam ini.

Bagaimana, tertarik memakamkan orang terkasih di San Diego Hills Memorial Park juga?

Silahkan konsultasikan mengenai kebutuhan Anda agar Anda dapat mengetahui perkiraan budget yang harus di siapkan.

Iwan Setiawan

Bekerja sebagai marketing di san diego hills sejak Januari 2010. Jika Anda membutuhkan informasi harga dan layanan kami, hubungi 0812.13508.200 (24 jam)